19 April 2014

Mengurus sendiri Visa UK

============================================================================
Untuk visa schengen lewat Itali, silakan cek: http://sayaturis.blogspot.com/2016/03/apply-visa-schengen-lewat-kedutaan-itali.html
Untuk visa schengen lewat Jerman, silakan cek: http://sayaturis.blogspot.com/2013/07/mengurus-sendiri-visa-schengen-melalui.html
=============================================================================

Saya baru saja mengurus visa turis untuk ke UK dan dari pengalaman saya, ternyata sedikit lebih ribet daripada mengurus Visa Schengen

Yang berasa pertama kali ketika baca-baca informasi mengenai visa UK adalah waktu yang begitu panjang untuk memproses visa. Kalau untuk visa Schengen bisa selesai dalam 3 hari, untuk visa UK bisa memakan waktu sampai 3 minggu. Ini terutama karena paspor kita harus dikirim ke Manila untuk diproses lebih lanjut oleh UKBA (organisasi yang mengurus segala hal yang berhubungan dengan per-visa-an).
Di Indonesia, dokumen hanya kita serahkan melalui VFS, sebuah perusahaan outsourcing yang dipakai oleh berbagai kedutaan untuk keperluan administratif visa. Jadi VFS hanya sekedar perantara. Keputusan dapat atau tidak dapat visa ada di tangan UKBA.

Berikut ringkasan langkah-langkah pengurusan visa:
1. Isi aplikasi visa secara online 
Untuk Indonesia, aplikasi visa harus kita isi online di https://www.visa4uk.fco.gov.uk/
Untuk hal ini, kita harus register terlebih dahulu di website tersebut. Jika sukses membuat account, kita otomatis akan diberikan nomor GWF yang nantinya diperlukan untuk membuat appointment untuk menyerahkan dokumen.

Setelah selesai mengisi aplikasi online, dilanjutkan dengan pembayaran visa dengan kartu kredit.




2. Buat appointment untuk menyerahkan dokumen
Appointment dibuat di website VFS Indonesia (http://www.vfsglobal.co.uk/Indonesia/). Ketika membuat appointment, nomor GWF harus kita masukkan. Tidak seperti pembuatan appointment untuk visa Schengen dimana kita bisa memilih tanggal dan jam dengan bebas, yang saya alami pada pembuatan appointment visa UK hanya ada sekitar 3 hari yang bisa kita pilih dan setelah memilih tanggal, jam akan otomatis ditentukan.

3. Datang pada hari appointment dengan membawa aplikasi visa online yang sudah diprint dan dokumen pendukung lainnya
Dokumen pendukung yang dibutuhkan adalah:
3.1 Paspor yang masih berlaku dan juga paspor-paspor sebelumnya (jika ada)
3.2 Pasfoto terbaru 2 lembar sesuai dengan spesifikasi yang mereka jelaskan di website
3.3 Bukti sedang bekerja. 
Saya menyerahkan surat keterangan kerja. Untuk surat keterangan kerja, ada beberapa persyaratan dari UKBA yaitu surat harus dengan kop surat perusahaan, harus ada keterangan gaji per bulan, berapa lama kita sudah bekerja di perusahaan tersebut, konfirmasi bahwa memang kita diberikan waktu cuti dan apakah cuti tersebut dibayar (cuti tahunan) atau tidak dibayar.
3.4 Bukti kecukupan dana
Saya menyerahkan print-out 6 bulan terakhir dari tabungan saya dan slip gaji 6 bulan terakhir.
3.5 Booking-an tiket pesawat dan hotel

Yang saya alami ketika menyerahkan dokumen di atas, saya ternyata diminta juga untuk memberikan fotokopi KK dan Akte Lahir. Namun karena tidak tertulis apapun mengenai hal ini di website, saya tentu tidak membawanya. 
Ini juga salah satu kekurangan berhubungan dengan VFS, karena mereka hanya perantara, mereka tidak bisa menganjurkan apapun. Ketika saya tanya apakah memang penting sekali untuk menyerahkan KK/Akte Lahir, petugas tidak bisa memberikan kepastian karena mereka tidak tahu bagaimana pengaruhnya terhadap penilaian UKBA.
Namun...keuntungan adanya VFS antara lain petugas lebih ramah dan juga lebih fleksibel. Teman saya sebenarnya dapat appointment jam 07.30 tetapi karena hujan deras, baru sampai jam 08.00 dan ternyata masih diterima oleh petugas VFS.

Setelah penyerahan dokumen, kita diberikan tanda bukti yag harus dibawa ketika mengambil kembali paspor. Terakhir, kita dipersilakan untuk diambil sidik jari dan foto.

Selama menunggu 3 minggu, saya di e-mail dua kali: sekali menyatakan kalau berkas sudah dikirim ke Manila, dan e-mail terakhir menyatakan bahwa paspor sudah dikirimkan balik dan kemungkinan dapat diambil dalam 3 hari ke depan. Alhamdulillah, ketika mengambil paspor, visa ternyata diapprove :)

70 komentar:

  1. Halooo... mau tanya,
    berarti KK/Akte Lahir tidak terlalu berpengaruh ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Nafisa saya mau numpang kasih info, kayaknya berpengaruh deh, lagian lebih baik bawa dokumen selengkap2nya biar ga kerja dua kali, dan supaya Visa di approve dng mudah. Semangat!

      Hapus
    2. Halo Nafisa, sori ya lama balas..udah lama gak buka2 blogger. Terima kasih Oemaya sudah bantu jawab :)
      Memang sebaiknya bawa dokumen selengkap-lengkapnya. Kebetulan di kasus saya, karena saya merasa tidak tertulis harus bawa dokumen KK/Akte Lahir, jadi ya saya gak bawa....dan untungnya visa tetap diapprove. Mungkin karena persyaratan2 lainnya semua sudah lengkap dan tidak bermasalah...

      Hapus
  2. Hi, Mau tanya nih
    Untuk print out tabungan ada nilai minimalnya berapa ?
    Biaya pembuatan visa nya berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya visa bisa sewaktu2 berubah dan juga tergantung jenis visa yang kita apply, jadi sebaiknya cek langsung ke website. Waktu kemarin saya apply untuk general visitor visa, biayanya 80pound

      Hapus
    2. saldo tabungan sebaiknya mencukupi untuk biaya perjalanan anda sampai kembali ke indonesia. jadi anda harus hitung total biaya ticket, hotel, dan makan apakah sudah mencukupi dengan saldo anda..

      Hapus
  3. Haloo, mau tanya,

    Saya mau mengajukan visa UK untuk perjalanan bulan September, tapi saya belom kerja, jadi biaya di tanggung orang tua, surat keterangan kerjanya gimana ya ?, bisa diganti surat sponsor dr orang tua gak ?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya, kurang tahu juga karena saya gak punya pengalaman seperti itu, sebaiknya dicek langsung ke website. Seharusnya ada penjelasan detil kok...

      Hapus
    2. bisa di ganti surat sponsor dari orang tua. jika anda belum kerja dan bepergian sendiri ke UK, agak sulit mendapatkan visa nya. jika ada bukan student di indonesia, dan tidak ada bekerja sama sekali, tidak menutup kemungkinan embassy akan berpikir anda mencari kerja di UK, hal ini yg membuat visa kemungkinan untuk di tolak.

      Hapus
  4. Halo Fitri, saya mau tanya, dpt email pertama ttg berkas sudah di bawa ke Manila itu berapa hari setelah menyerahkan dokumen ke VFS nya ya ?, soalnya saya pesimis di approve nih, karna isi formulirnya ada yg pake bahasa indo, dan alamat tinggal di UK nya lain krn gak jadi tinggal disitu, tp saya kasih bukti booking hotel yg baru, tp tetep pesimis, mohon infonya ya

    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Divo, untuk e-mail pertama saya terima sekitar seminggu setelah memasukkan berkas. Mudah2an dapat ya visanya...

      Hapus
  5. Halo kak.. aku kemaren masukin berkas tgl 23 Juli.. Kalo berkas aku tepat diproses 15 hari kerja seharusnya hari ini udh dpt email klo berkas aku udh selese.. Tp sampe saat ini email pertama yg ngasih tau klo berkasnya udh dikirim ke manila pun ngga aku terima.. Mungkin ngga ya mereka cuma 'lupa' ngirim email? Atau emang berkas aku sampe saat ini msh blm dikirim? :( terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Nabila...Maaf ya baru balas, sudah lama gak nge-blog. Mudah2an kasus kamu sudah beres ya... Boleh di-share bagaimana akhirnya?

      Hapus
  6. halo mba,

    maaf sebelumnya saya mau tanya, itu emailnya saya boleh lihat ga mba bentuknya seperti apa ? saya sudah apply 2 minggu yang lalu saya tapi belum dapat email nih mba.. makasih ya sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ebi...Kasus kamu sama seperti Nabila kayaknya ya... Apa mungkin sekarang prosedur baru jadi tidak dikirimkan e-mail? Ketika menyerahkan berkas, diberitahu gak kalau ada layanan e-mail? Waktu kasus saya, sebenarnya ditawarin layanan sms yg akan update proses visa. Kalau gak salah bayar Rp. 25ribu. Tapi ketika itu dijelaskan juga bahwa tetap akan dikirim e-mail, makanya saya tidak ambil layanan sms tersebut.

      Kalau kasus kamu sudah selesai, bisa di-share bagaimana akhirnya?

      Hapus
  7. terima kasih sekali infonya.. saya pertama kali nih mau ngurus visa

    BalasHapus
  8. mba bayarnya harus pake kartu kredit yah kalau ngurus visa UK. kartu debit atau ATM bisa ga. terus caranya gimana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, mungkin ada teman2 di sini yang bisa bantu jawab?

      Hapus
    2. untuk pembayaran visa pakai kartu kredit dan pembayaran secara onlie...gak bisa pakai kartu debit

      Hapus
    3. share info saja, saya kirim email ke UKVI menanyakan perihal apakah kartu debit bisa digunakan untuk payment atau tidak. Mereka membalas bisa pakai kartu debit dan mereka terima, TAPI harus menghubungi dulu yang bersangkutan apakah bank tersebut memiliki layanan tersebut. Sebagai pengalaman, saya menghubungi bank saya ( BRI ) dan menanyakan perihal tersebut. Mereka menjawab bahwa untuk saat ini untuk pembayaran visa hanya berlaku untuk pemegang kartu kredit, sedangkan debit belum bisa. Jadi dalam hal ini teman2 bisa menghubungi bank teman2 terlebih dahulu apakah mereka melayani pembayaran pakai kartu debit atau tidak. Semoga membantu xxx

      Hapus
    4. Terima kasih mas Aries atas infonya!

      Hapus
    5. share info...untuk pembayaran visa tidak bisa pakai kartu debet...saya sudah tanya ke semua bank di kota saya dan mereka ngasih penjelasan bahwa untuk pembayaran visa untuk saat ini tidak bisa...dan hanya bisa membayar dgn kartu kredit. semoga membantu ya.

      Hapus
  9. Hola..tks infonya..apa ada contoh itinerary 5 days di london ga?appointment besok, tapi blm ada itinerary ni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sori, waktu itu saya gak diminta buat itinerary soalnya...

      Hapus
  10. Hi Fitri,
    Saya ada rencana mau ke UK akhir april tahun depan, kalau mau applay visa sekarang sudah bisa? biasanya berapa lama visa turis berlaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo...setau saya apply visa paling cepat 3 bulan sebelum keberangkatan...
      Dan untuk yang general visa (tourist visa), biasanya berlaku 6 bulan...

      Hapus
    2. Dear Anton
      Menurut Ketentuan UKVI (UK Visa and Immigration), anda bisa apply visa 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan anda. untuk masa berlaku visa turis apabila anda pertama kali apply biasanya hanya 6 bulan.
      Mudah2 an membantu
      UK Visa Solution
      Andi 0889.23.89.578 (whatss app)

      Hapus
  11. Hi say,aku mau ngajuin visa berkunjung ke inggris,untuk ngunjungin tmn dkt aku yg warga negara inggris Dan berencana akan tinggal dengan keluarganya selama masa kunjungan.kira2 dokumen APA aja ya yg harus aku lengkapin. Dan skrg aku udh ga kerja dengan perusahaan lg,cuma ada bisnis online aja yg baru aku mulai.caranya supaya visa di approval dan dokumen APA aja nanti yg perlu aku siapin,mungkin kamu bs ksh advice ..thanks ya sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Hy kak Rizka. Bisa share pengalamannya dlm mngurus visa Uk? Krna rencana kak Rizma hampir sama dgn rencanaku. Thanks mohon infonya

      Hapus
  12. Hi mbaa,, nanya ttg saldo tabungan donk, apakah yg jadi penilaian itu nomial saldo ya? Kalo di rek tsb sebagian dana berupa deposito bisa gak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo....ketentuan formal sih gak ada nominal pasti yang disebutkan tetapi intinya saldo harus bias meyakinkan bahwa kita gak akan kekurangan ketika berlibur di sana. Kalau saya biasanya selain print tabungan juga melampirkan summary jenis2 account (tabungan & deposito) yang saya punya di bank tersebut. Biar lebih meyakinkan saja....

      Hapus
  13. Mba aku mau nanya, untuk surat keterangan kerja dan slip gaji dari kantor apakah harus berbahasa inggris atau apa adanya saja (bahasa indonesia)? Karena di tempat kerja saya tidak ada format bahasa inggris. Kalaupun harus dengan bahasa inggris apakah bisa menggunakan jasa sworn translator? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo....Surat keterangan kerja sebaiknya pakai bahasa inggris, diterjemahin sendiri aja. Untuk slip gaji, kemarin punya saya juga pakai bahasa Indonesia dan tidak saya terjemahkan, tidak apa2...

      Hapus
  14. mba.. saya mau nanya, apakah perlu menyertakan asuransi perjalanan untuk apply visa? krn sy denger dr tmen ktanya harus menyertakan surat asuransi perjalanan juga. mohon pencerahan nya. terimakasih,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo...mungkin coba dicek kembali persyaratan di websitenya, mungkin skrng ada perubahan peraturan dibandingkan waktu saya apply awal tahun 2014. Tapi waktu itu sih gak harus menyertakan asuransi perjalanan, beda dengan apply visa schengen yang memang salah satu syarat wajib adalah pembelian asuransi perjalanan...

      Hapus
  15. mbk saya mau tanya ,
    biaya bikin visa k inggris skrang brp y ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk biaya visa inggris sekarang sekitar 2 jt an,belum termasuk jika anda menginginkan Priority Visa, (Visa percepatan dengan proses3-5 hari saja, tambahan 2.2jt)
      mudah2an membantu
      UK Visa Solution
      Andi 0889.23.89.578 (whatss app)

      Hapus
  16. Mbak saya pelajar dan disponsori oleh ortu, apakah saya perlu mnyediakan slip gaji ortu dan keterangan kerja ortu? Ortu saya wiraswasta. Cuma surat referensi bank, surat pernyataan sponsor(ortu), dan rekening koran yg kira-kira mencukupi sudah ada.

    BalasHapus
  17. Untuk visa Pelajar kategori Tier 4, anda tidakperlu menyediakan slip gaji orang tua
    dikarenakan dalam kategori Tier 4 student, menggunakan sistem point
    anda mendapatkan 30 point untuk CAS (Certificate Acceptance of Studies)
    Dan 10 point untuk dana yang diwajikan mengendap di rekening anda atau orangtua anda
    mudah2an membantu
    UK Visa Solution
    Randy 0889.23.89.578 (whatss app)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Randy...
      Tanya ya... untuk KK harus ditranslate ga ?

      Hapus
    2. untuk semua dokumen bahasa indonesia harusdi translate oleh sworn translator
      termasuk Kartu Keluarga
      UK Visa Solution
      Randy 0889.23.89.578 (whatss app)

      Hapus
  18. Salam kenal mbak..
    Apakah sewaktu kita mau pergi ke UK harus menyertakan bukti bahwa kita telah lulus tes ESOL/TOEFL dulu?
    Terus.. tunangan saya kan orang UK and kita berencana setelah nikah saya tinggal di UK mengikuti suami, saya harus memakai visa jenis apa ya? Dan syarat2 apa saja yang harus saya siapkan untuk membuat visa?
    saya bingung sekali.., mohon bantuan nya.
    makasi

    BalasHapus
  19. Dear Ibu Endah
    Jika ibu ingin mengajukan Settlement visa, ibu harus melampirkan bukti bahwa ibu bisa berbahasa inggris dengan melampirkan english test berupa TOEFL/ESOL.
    mudah2 an membantu
    UK Visa Solution
    0889.2389.578 (Whatss app)

    BalasHapus
  20. Hi mba/mas. Nanya dong. Apa waktu kita ngurus visa uk kita udah harus punya tiket pesawat utk dilampirin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak... Yang dibutuhkan hanya bukti booking-an tiket pesawat saja. Tidak perlu tiket aslinya (jgn di-issue dulu).

      Hapus
    2. Berarti mbak kalo tanggal tiket untuk bikin visa berbeda dengan tanggal tiket asli yg kita issued bolehkah?makasih

      Hapus
  21. Hi, mba/mas, mau nanya kalau kita mau berangkat di bulan november awal di 2015 dan mengajukan visa di september pertengahan, mepet ga ya mba? Biasanya berapa lama visa uk diapprovenya? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Rama... Pengalaman saya tahun lalu butuh waktu 3 minggu jadi saya rasa masih cukup mas waktunya...

      Hapus
  22. Halo mbak, saya infinite Tanya Rekening bank Mbak itu di bank apa Karena saya kemungkinan memakai Akan memakai debit instead of credit. Apakah Harus menggunakan birojasa travel? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya tidak bisa pakai debit karena saya sendiri pakai kartu kredit. Mungkin mbak bisa coba hubungi VFS langsung untuk menanyakan hal ini.

      Hapus
  23. Hai mbak, mau tanya kalo untuk buku nikah kan sudah bilingual. Apa perlu ditranslate lagi dengan jasa sworn translator? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mbak, saya tidak punya pengalaman tentang hal ini. Mungkin bisa coba hubungi VFS/Kedutaan langsung untuk menanyakan hal ini.

      Hapus
    2. Dear ibu Anastasia
      Untuk buku nikah yang sudah bilingual tidak perlu di terjemahkan lagi ke sworn translator
      cukup dilampirkan saja copy buku nikahnya
      mudah-mudahan membantu

      Randy
      0889.2389.578 (Whatss app)

      Hapus
  24. Halo, mohon info. Saya mau mengunjungi UK akhir July. Mulai mencari Info persiapan mendapatkan Visa. situs VFS tidak mencantumkan perlunya translasi. Masalahnya tidak ada info mengenai dokumen apa yang harus di bawa dan yang mana harus di translasi. apakah ada yang bisa bantu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf lama balas mas Luke. Mudah2an sudah dapat solusinya ya.. Tetapi pengalaman saya sendiri untuk mengurus visa turis (general visa), tidak perlu translation apa pun karena dokumennya masih bersifat umum. Untuk "surat keterangan bekerja", saya dapat dari kantor saya sudah dalam bentuk bahasa inggris.

      Hapus
  25. maaf numpang tanya, kalo saya mau k inggris, punya kerja tpi honorer tpi d inggris ada temen yang udah mau nyediain tempat tinggal, kira2 uang yang harus ada d tabungan kira2 berapa ya? saya mau bikin visa berkunjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya gak ada informasi yang jelas tentang jumlah tabungan. Tetapi pernah baca di internet ada yang bilang minimal jumlah tabungan adalah biaya hidup per hari x lamanya kita berkunjung.

      Hapus
  26. Numpang tanya, kalu surat keterangan kerja itu free format dari perusahaan ya mba?? yang penting harus memberikan detil sepereti yang disebutkan di atas ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...yang saya alami, format surat keterangan kerja bebas asal dalam bahasa inggris & mencantumkan info-info yang mereka minta.

      Hapus
  27. hallo mba,
    bisa minta tolong lihat contoh surat keterangan kerja dari kantornya? saya soalnya bingung gimana formatnya hehe soalnya kantor saya ga pernah bikin. Jadi saya disuruh bikin formatnya sendiri. Kalau boleh, minta tolong dikirim ke harsitorukmo@yahoo.com
    terimakasiih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas... Saya coba cari surat keterangan kerja yang dulu saya pakai, ternyata saya sudah tidak punya hardcopynya lagi. Tetapi ini saya dapat dari Internet, format yang saya pakai mirip seperti ini: http://travellingwithkeishinta.com/2012/05/28/recommendation-letter/
      Semoga membantu...

      Hapus
  28. HALO,
    saya mau tanya, bagaimana ya saya salah mengisi nama keluarga di appointment yang saya buat.

    apa bisa di perbaiki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa ditanya langsung ke VFS atau ini saya nemu e-mail dari website Visa4UK: https://ukvi-international.faq-help.com/

      Hapus
  29. kalau travelling ke UK sendiri , dan statusnya masih mahasiswa bagaimana ya ?
    dokumen pendukung apa saja yg diperlukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rianti, sori saya gak ada pengalaman dalam hal itu. Mungkin bisa coba tanya ke VFS langsung...Good luck!

      Hapus
    2. Dear mbak rianti
      Ga masalah untuk status anda sebagai mahasiswa. Asalkan disertakan dengan surat keterangan mahasiswa dr kampus. KTM, surat sponsor orang tua dan rekening bank orangtua
      Mudah2an membantu menjawab pertanyaannya
      Randy 0889.23.89.578

      Hapus
  30. sya mau ke uk dalam bulan desember ini,,semua biaya perjalan sya di tanggung oleh tunangan saya,,dan saat ini saya nga kerja,,mohon penjelasan nya

    thanks

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...