4 Maret 2016

Apply Visa Schengen lewat kedutaan Itali

=============================================================================
Untuk visa schengen lewat Jerman, silakan cek: http://sayaturis.blogspot.com/2013/07/mengurus-sendiri-visa-schengen-melalui.html
Untuk visa UK, silakan cek: http://sayaturis.blogspot.com/2014/04/mengurus-sendiri-visa-uk.html
=============================================================================

Baru-baru ini saya apply visa schengen melalui kedutaan Italia yang menggunakan jasa VFS untuk penyerahan dokumen-dokumennya. Lokasi VFS ada di Mal Kuningan City lantai 1.
Secara umum, karena saya sudah pernah mengajukan Visa UK & Visa Schengen melalui Jerman, proses mengurus lewat Itali kali ini menurut saya lebih simpel.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buat appointment dulu untuk tahu tanggal/ kapan kita bisa menyerahkan dokumen-dokumen tersebut di VFS. 
Appointment bisa dibuat langsung di websitenya (http://www.vfsglobal.com/italy/indonesia/schedule_an_appointment.html) atau karena waktu itu teman saya jadwalnya super ketat, bisa juga minta tanggal & waktu tertentu dengan meng-email VFS (info.italyid@vfshelpline.com)
Untuk e-mail ini, kita perlu menyatakan hari & tanggal appointment yang kita inginkan, nama lengkap, nomor paspor, nomor HP, rencana tanggal keberangkatan ke Itali dan jenis visa.

2. Setelah tahu tanggal appointment, siapkan dokumen.
Dokumen yang diperlukan untuk pengajuan visa turis bisa dibaca di websitenya (http://www.vfsglobal.com/italy/indonesia/Bahasa/tourist.html) yaitu:
2.1 Formulir visa yang sudah diisi. Aplikasi bisa didownload dari website VFS. Saya print biasa saja (hitam-putih) dan tulis tangan.
2.2 Pasfoto terbaru 2 lembar sesuai dengan spesifikasi yang mereka jelaskan di website.
2.3 Paspor yang masih berlaku minimal 3 bulan setelah tanggal kepulangan yang kita rencanakan. Kalau punya paspor lama yang ada visa-visa, dilampirkan juga saja.
2.4 Fotokopi halaman bio-data paspor (halaman 3 & 4).
2.5 Asuransi Perjalanan. Minimal pertanggungan 30,000 Euro mencakup seluruh negara Schengen dan Jangka waktu asuransi sesuai dengan lamanya kita berlibur. Ada berbagai perusahaan yang menawarkan asuransi perjalanan. Gampangnya, beli di biro perjalanan/travel agent saja. Nanti mereka bisa rekomendasikan asuransi yang paling tepat. Saya sendiri disarankan oleh travel agent untuk membeli asuransi AIG yang paket Duo (karena pergi berdua dengan teman). Jatuhnya seorang hanya Rp. 410,000 untuk 15 hari perjalanan.
2.6 Surat keterangan kerja. Formatnya bebas tetapi harus ada informasi berikut ini: posisi dari pemohon, jangka waktu bekerja, konfirmasi bahwa pemohon telah mendapatkan izin cuti untuk periode liburan tersebut dan bahwa pemohon akan kembali bekerja setelah kembali ke Indonesia. 
Kemudian, karena pengalaman bikin visa lewat Jerman dulu, untuk jaga-jaga saya juga memastikan surat tersebut diprint menggunakan kertas dengan kop surat perusahaan dan tertanggal maksimal 10 hari sebelum tanggal appointment.
2.7 Fotokopi TDP/SIUP perusahaan tempat kita bekerja.
2.8 Surat Referensi Bank. Biasanya butuh waktu sekitar 1 - 2 hari untuk mendapatkan surat ini dari bank. Dan ada biaya sekitar Rp. 50,000.
2.9 Fotokopi bukti keuangan pribadi selama 3 bulan terakhir. Saya print out detil transaksi selama 3 bulan lewat internet banking, kemudian minta dicap oleh bank. Lumayan sedikit lebih hemat daripada minta diprint oleh bank langsung :)
2.10 Bukti pemesanan/booking tiket pesawat. Gak perlu diissue dulu ya...
2.11 Print-out bukti akomodasi hotel.
2.12 Fotokopi KK.

Meskipun dokumen-dokumen sudah saya tulis di sini, tetapi tetap baca websitenya dengan detil ya karena mungkin ada perubahan!



3. Datang ke VFS pada hari dan jam yang sudah ditentukan. 
Waktu itu ternyata ada sedikit kesalahan. Di e-mail tertera jam appointment adalah jam 11, tetapi di daftar satpam jam 12. Tetapi kita akhirnya tetap bisa masuk. Antrian agak ramai, kita baru dipanggil jam 12 kurang dan proses awal adalah penyerahan dokumen. 
Dibandingkan waktu di kedutaan Jerman, staff VFS tidak detil memperhatikan informasi yang ada di formulir visa. Jadi kalau ada sesuatu yang kita gak yakin isinya, lebih baik langsung ditanya.
Untuk biaya visa adalah Rp. 919,000 + Rp. 300,000 untuk jasa servis VFS. Jadi total Rp. 1,219,000 dibayar cash langsung ke staff VFS. 
Kita diberitahu waktu proses adalah 5 - 8 hari kerja. Untuk tahu apakah paspor sudah bisa diambil, kita bisa cek di websitenya. Tetapi ada juga jasa sms langsung dari VFS dengan bayar Rp. 20,000. Saya memilih untuk tidak ambil layanan ini, soalnya cukup gampang kok cek langsung di website.
Sebelum keluar, masih ada proses pengambilan data biometric (foto & sidik jari). Akhirnya saya & teman saya keluar dari VFS jam 1 kurang (udah laper bangettt).

Oh ya, katanya untuk pengambilan paspor, bisa juga diwakili tetapi harus pakai Surat Kuasa.

Seminggu setelahnya, saya cek website VFS untuk status paspor saya dan ternyata sudah bisa diambil. Pengambilan paspor tidak perlu buat appointment lagi. Kita tinggal datang ke VFS sambil menunjukkan nota pembayaran visa. Antrian kali ini cepat sekali dan pas buka amplopnya di depan staff VFS, alhamdulillah, visa diapprove!

Jadi nantikan posting saya tentang JJS di Itali yaaaa... :)

6 komentar:

  1. halo, waktu apply pakai agent ya? mulus sekali. saya baca beberapa blog dan tanya beberapa orang, katanya kedutaan Itali sering keluarkan visa last minute. bahkan ada yang baru keluar di hari H. duh. agak degdegan. mana saya applynya mepet tanggal keberangkatan lagi. huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya urus sendiri mbak, gak pakai agent. Pengalaman saya alhamdulillah mulus terus asal semua dokumen dilengkapi dan sesuai dengan persyaratan yang mereka minta. Mudah-mudahan visanya keluar ya mbak...

      Hapus
  2. Saya mau tanya, KK harus ditranslate ga ya? Trs fotocopy TDP/SIUP perusahaan tempat kita bekerja itu perlu ya kalau kerja diperusahaan Bumn? Slip gaji ga perlu ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lupa, untuk dana mengendap saya pernah baca mesti diatas 50? Pengalaman mba gmn?

      Hapus
  3. Maaf mau tanya apakah visa italy sudah pasti sama dengan schengen ?? TerimaKasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. Hello saya mau Tanya kalo apply visa Schengen lewat kedutaan langsung apa tidak Ada schedule appointment? Saya sudah coba pake VFS global tapi sulit sekali buat janji temunya selalu tertulis "no slot available" sedangkan rencana says berangkatnya tgl 3 juli 2018. Mohon solusinya terimakasih.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...