23 Juli 2014

Transportasi umum di London

Jika jalan-jalan di kota besar di negara-negara Eropa, biasanya paling murah dan mudah naik transportasi umum ke mana-mana. Begitu juga dengan London.

Ada banyak pilihan transportasi di dalam London, antara lain: 
- Underground atau lebih terkenal dengan sebutan Tube: kereta bawah tanah London
- Bis
- Tram
- Kereta
- Kapal sungai

Sebagai panduan memilih transportasi mana yang sebaiknya kita pakai, bisa ke website TFL (Transport for London). TFL adalah otoritas pemerintah yang mengatur sebagian besar transportasi umum di kota London dan sekitarnya. 
Di website TFL terdapat "Plan A Journey" di mana kita tinggal memasukkan titik awal dan tujuan akhir, dan akan keluar beberapa pilihan transportasi untuk mencapai lokasi tersebut.

Selain itu, bisa juga ke website Visit London untuk mendownload peta rute Tube & Bis yang bagi saya sangat berguna ketika menyusun itinerary. Selain peta, website ini juga berisi berbagai macam informasi mengenai tempat-tempat di London.



Selama di London, saya paling sering menggunakan Tube dan sekali-kali naik Bis. Kalau memang akan menggunakan kedua transportasi umum ini lumayan sering, bisa beli Oystercard (PAYG "Pay As You Go") atau Travelcard saja. Kedua pilihan ini akan memberikan "harga diskon" dibandingkan membeli tiket single.

Oystercard sebenarnya adalah smartcard/kartu pintar yang bisa kita isi dengan nominal tertentu. Misalnya kita isi dengan 20pound, nanti setiap kali kita naik tube/bis, tinggal kartu di"scan" pada alat yang disediakan dan otomatis nominal akan dikurangi. Ini berarti kita menggunakan Oystercard PAYG. Kalau sudah pernah ke Singapura, intinya mirip dengan kartu Ez-link untuk MRT. 

Bedanya, karena bentuknya yang berupa smartcard, sebenarnya travelcard pun bisa kita isi di oystercard kita. Namun, Travelcard sendiri ada juga yang berbentuk tiket kertas biasa. Mudah-mudahan tidak membingungkan ya :)

Untuk Travelcard, harganya berbeda tergantung zona dan jangka waktu. Biasanya turis hanya akan berkeliling seputar zona 1 - 2. Untuk jangka waktu bisa dipilih 1 hari, 1 minggu atau 1 bulan.

Kalau akan sangat sering menggunakan transportasi umum (sekitar 4-5 kali dalam sehari), sebaiknya memilih Travelcard saja. Informasi lebih detil mengenai travelcard bisa dibaca di sini: http://www.londontoolkit.com/briefing/travelcard.htm

Saya sendiri waktu itu membeli Travelcard zona 1-2 dengan jangka waktu 1 minggu meskipun saya hanya 5 hari di London, dan hitung-hitung memang jauh lebih murah karena hampir setiap lokasi wisata utama di London bisa dikunjungi dengan Tube :)

Di postingan berikut akan saya bahas beberapa tempat wisata tersebut....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...