5 Februari 2012

Casa Batllo - Casa Mila

Casa Batllo dan Casa Mila adalah bangunan karya Gaudi yang mudah kita kunjungi karena terletak di Passeig de Gracia, salah satu jalanan utama Barcelona. 


Casa Batllo
Alamat: Passeig de Gràcia, 43
Stasiun Metro: Passeig de Gràcia
  
Permukaan bangunan Casa Batlló terbuat dari pecahan keramik warna warni yang dikenal dengan tehnik trencadis. Jendela dan balkonnya berteralis seakan-akan dibuat dari tulang belulang. Karena keunikan permukaannya ini, maka Casa Battlo dikenal juga dengan nama House of Bones (Rumah Tulang-Belulang).

Atap Casa Batllo juga tidak kalah unik. Bentuknya yang bergelombang dan genteng berbentuk tajam terlihat seperti sisik-sisik di punggung seekor naga. Banyak yang mengatakan bahwa memang ini tujuan Gaudi; Casa Batllo menggambarkan kisah Saint Jordi yang menusuk punggung naga dengan pedangnya.

Kita bisa memasuki Casa Batllo untuk melihat arsitektur bangunannya dari dalam, namun melihat antrian yang panjang dan tiket masuk yang tidak murah (16 Euro - tahun 2009), saya memutuskan untuk tidak masuk. 

Jika Anda berminat untuk menjelajah bangunan ini, bisa mengunjungi websitenya untuk informasi lebih detil: http://www.casabatllo.es/en/
 


 

Casa Mila
Alamat: Passeig de Gràcia, 92
Stasiun Metro: Diagonal

Casa Mila terletak tidak begitu jauh dari Casa Batllo - sekitar 15 menit berjalan kaki santai. Atau hanya 1 stasiun metro dari Casa Batllo.

Permukaan bangunan Casa Mila juga sangat unik. Bentuknya bergelombang dengan balkon yang terlihat seperti terbuat dari besi meleleh. Dari luar, terlihat bahwa atapnya memiliki tonjolan-tonjolan bulat. 



Ketika Casa Mila selesai dibangun pada tahun 1912, bentuknya dianggap terlalu aneh sehingga menjadi bahan tertawaan orang-orang hingga dijuluki nama “La Pedrera”, yang berarti tempat penggalian batu.

Ketika saya mengunjungi bangunan ini, antrian pengunjung yang ingin memasuki gedung tidak sepanjang di Casa Batllo. Harga tiket juga relatif lebih murah daripada Casa Batllo (10 Euro - tahun 2009) dan sudah termasuk tur audio. Jika Anda ingin mengetahui sejarah Gaudi dan filosofinya dalam berkarya, saya sangat sarankan untuk ikut tur audio ini. Bagi orang awam seperti saya, saya jadi memahami mengapa orang menjuluki Gaudi sebagai seorang jenius. Tanpa tur audio, menurut saya, Casa Mila akan terasa kurang menarik.

Memasuki Casa Mila, kita bisa memilih naik lift atau naik tangga untuk menuju loteng - lantai paling atas, tempat mulainya tur audio. Saran saya lagi: pilih naik lift karena cukup melelahkan untuk menaiki seluruh tangga. Selain itu, untuk turun, tidak ada lift lagi, jadi lebih baik menyimpan tenaga Anda untuk menuruni tangga. 

Atap Casa Mila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...