14 Februari 2012

Museum Dali di Figueres, Spanyol

Teatre-Museau Dali
Gala-Salvador Dalí Square, 5
Figueres

Figueres adalah sebuah kota kecil tempat kelahiran seniman nyentrik Salvador Dali. Di sini saya mengunjungi Teatre-Museau Dali, gedung teater kota yang oleh Dali diubah menjadi museum untuk memajang karya-karyanya.

Saya ke Figueres karena kebetulan juga letaknya tidak terlalu jauh dari Barcelona. Barcelona-Figueres saya tempuh dalam waktu 2 jam dengan menggunakan kereta api. Harga tiket pulang-pergi sekitar 16 Euro (tahun 2009). Di perjalanan menuju Figueres, saya melewati kota Girona yang juga merupakan kota populer untuk day trip jika orang berlibur di Barcelona.

Sesampainya di Figueres, saya hanya berjalan kaki ke museum. Papan petunjuk cukup jelas terlihat sepanjang jalan sehingga kecil kemungkinan nyasar. Selain itu, kemungkinan besar Anda akan berjalan bersama turis-turis lainnya (sebagian besar yang turun di Figueres memang tujuannya adalah untuk pergi ke museum Dali), jadi kalau bingung, tinggal ikutin yang di depan aja dehhh.... ;) 

Oh ya, sebelum sampai museum, jangan sampai terlewatkan sebuah tiang besi tinggi dengan gambar wajah di tanah sekitarnya. Dengan melihat pantulan gambar tersebut di tiang, maka kita dapat melihat bahwa pemilik wajahnya adalah Salvador Dali. Lucu juga!

Sekitar 15 menit kemudian, maka terlihatlah sebuah bangunan berwarna merah berkubah bulat transparan dengan telur raksasa yang berjejer di atasnya diselingi dengan patung-patung keemasan mirip piala Oscar. Dari luarnya saja sudah unik, apalagi di dalamnya! 
 
Salvador Dali memang termasuk seniman aliran surealis yang menganggap unsur  kejutan sebagai hal yang penting dalam karyanya. Selain lukisan, koleksi museum terdiri dari patung, seni instalasi, foto, hologram dan lain lain.




Setelah mengelilingi museum, jangan lupa untuk menyempatkan melihat pameran perhiasan Dali·Joies yang memiliki pintu masuk terpisah dari museum. Harga tiket masuk museum Dali sebesar 11 Euro sudah termasuk hal ini namun sepertinya tidak banyak orang yang tahu karena keadaan di dalam pameran jauh lebih sepi daripada di dalam museum.

Tips: Meskipun wisatawan Indonesia kurang mengenal museum ini, tetapi museum ini termasuk museum ketiga di Spanyol dengan jumlah pengunjung terbanyak. Semakin siang, akan semakin ramai. Jadi sebaiknya berangkatlah agak pagi ke sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...