6 Februari 2012

Sagrada Familia - Parc Guell

Selain Casa Batllo & Casa Mila, jika berada di Barcelona, tidak boleh melewatkan 2 karya Gaudi berikut ini.


Copyright of this photo belongs to:
C Junta Constructora del Temple de la Sagrada Familia
Sagrada Familia
Alamat: Calle Mallorca, 401
Stasiun Metro: Sagrada Familia

Gereja ini adalah karya Gaudi yang paling terkenal dan bentuk menaranya yang meleleh menjadi salah satu lambang kota Barcelona sebagaimana menara Eiffel adalah lambang Paris.

Seluruh bangunan terdiri dari simbol-simbol yang diambil dari alkitab. Bahkan, menara yang meleleh tersebut sebenarnya jika diperhatikan dengan lebih seksama, berupa ukiran-ukiran kecil flora, fauna dan figur alkitab.

Mengelilingi Sagrada Familia dari ke-empat sisinya membuat saya semakin kagum dengan kerumitan disainnya. Sayang sekali mesin derek sedikit mengganggu pemandangan. Konstruksi bangunan ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1882 namun sampai sekarang masih belum selesai! Diperkirakan bahwa baru akan selesai sekitar 25 – 30 tahun lagi. Gaudi sendiri mendedikasikan lebih dari 40 tahun untuk pembangunannya, di mana 14 tahun terakhir dari hidupnya ia hanya fokus untuk pembangunan Sagrada Familia tanpa melakukan proyek lain. Maka pantaslah, ketika Gaudi meninggal dunia, ia pun dikubur di Sagrada Familia. 

Saat itu saya memilih tidak memasuki bangunan ini (maklum, karena budget terbatas, saya memilih masuk Casa Mila saja). Tetapi jika Anda ingin tahu berapa harga tiketnya, bisa dicari di website resmi Sagrada Familia:  http://www.sagradafamilia.cat/sf-eng/?lang=0



Park Güell
Alamat: Carrer d'Olot, 7
Stasiun Metro: Vallcarca

Park Güell sebenarnya dibangun sebagai kompleks perumahan yang kaplingnya bisa dibeli secara individual. Namun, ternyata konsep ini kurang laku, sehingga pada tahun 1922, keluarga Güell mendonasikannya kepada kota dan dijadikan sebagai taman umum.

Letaknya pun sedikit jauh dari pusat kota meskipun transportasi tetap mudah. Jika memilih ke sini naik metro, siap-siap harus berjalan agak mendaki karena taman ini memang terletak di bagain atas kota Barcelona. Namun, separuh jalan, beberapa rangkaian eskalator panjang disediakan untuk membawa kita ke atas menuju taman. Lumayan lah....jadi tidak terlalu capek (bagi saya).

Pilar-pilar yang terbuat dari batu menyambut saya. Bentuk dan warnanya sangat serasi dengan lingkungan sekitar, sehingga agak saru: apakah memang pilar ini buatan manusia atau buatan alam?

Semakin masuk ke dalam taman, baru saya tiba di pintu gerbang utamanya. Di kiri kanan pintu gerbang, terdapat rumah kecil yang mengingatkan saya kepada rumah di buku anak-anak. Sebuah tangga besar menuju gedung berpilar di tengah-tengah taman menjadi pusat perhatian. Tangga ini terbagi dua oleh air mancur dan mosaik kadal yang menarik. Keindahan tangga ini membuatnya dipenuhi oleh turis yang sibuk memoto.

Sampai di atas tangga, terlihat bahwa pilar-pilar besar tersebut menopang plafon yang terdapat gambar matahari warna-warni. Pegal juga melihat ke atas terus, namun memang plafonnya bagus sekali untuk diamati.

Ternyata kita masih bisa naik lagi ke atap gedung sehingga atapnya menjadi lapangan keramik yang luas dengan view menakjubkan kota Barcelona. Pinggiran lapangan didisain menjadi sandaran tempat duduk bagi pengunjung taman. Seperti di Casa Batllo, tempat duduknya terbuat dengan tehnik trencadis, yaitu pecahan keramik berwarna-warni.

Banyak sekali disain unik di taman ini...pokoknya bagi yang gemar berfoto ria, pasti tidak akan kecewa dengan Park Güell :)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...