23 Februari 2012

MRT - Transportasi umum di Singapura

Kalau mau jalan-jalan hemat di Singapura, perlu tahu satu kata: MRT.

MRT singkatan dari Mass Rapid Transit. Sistem transportasi umum Singapura ini adalah sebuah sistem kereta dengan jalur khusus yang sebagian besar berada di bawah tanah. Waktu perjalanan dari satu tempat ke tempat lain menjadi sangat singkat dan kendaraannya pun bersih sehingga nyaman untuk digunakan.

Source pic: travelerfolio.com
MRT Singapura dikelola oleh 2 perusahaan transportasi. Untuk mendownload peta jalur MRT, bisa dari salah satu website mereka:

Tiketnya sendiri bisa kita beli di setiap stasiun MRT. 

Begitu turun dari Changi, kita sudah bisa langsung menggunakan MRT untuk mencapai pusat kota loh.... Lumayan kan, uang taksinya bisa dipakai buat beli oleh-oleh :)

Kalau berencana akan menggunakan MRT selama beberapa kali dalam beberapa hari, mungkin akan lebih baik membeli kartu Ez-link. Dengan menggunakan kartu ini, 1 trip akan lebih murah daripada kalau kita membeli tiket tunai. Namun, ketika membeli kartu ini untuk pertama kali, harganya termasuk biaya kartu sebesar 5 Singapore Dollars. Jadi memang kita harus berencana untuk sering menggunakan MRT selama berlibur di Singapura untuk menutup ongkos 5 Dollar tersebut! 

Cuman, ada untungnya lagi nih, kartunya berlaku selama 5 tahun, jadi bisa dipakai buat kapan-kapan ke Singapura lagi dan kartu ini bisa dipindahtangkan juga. 
Karena itu, sebelum pergi berlibur ke Singapura, coba tanya saja dulu apakah ada teman atau saudara yang sudah punya kartu Ez-link untuk dipinjam ;)

Tips: Dari Changi, jangan lupa untuk turun dulu di stasiun Tanah Merah karena MRT Changi memang khusus melayani sampai Tanah Merah saja. Begitu pun sebaliknya, jika ingin ke Changi naik MRT, setelah naik jalur hijau menuju Pasir Ris, kita harus turun di Tanah Merah untuk transfer ke MRT yang menuju Changi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...