25 Januari 2012

Jalanan terkenal Barcelona

Sebagai turis, ada baiknya memulai penjelajahan kota Barcelona dari Plaça de Catalunya karena merupakan titik pusat bertemunya dua jalan besar Barcelona : Passeig de Gràcia dan La Rambla.  
Karena hal ini pula, kawasan Plaça de Catalunya ini tidak pernah sepi dengan lalu lalang pergerakan orang dan kendaraan.
Source pic: http://www.going2barcelona.com/Downloads/citymap.pdf
Di Plaça de Catalunya juga, kita bisa menemukan Pusat Informasi Turis yang menyediakan antara lain peta turis kota Barcelona secara cuma-cuma.
Selain peta jalur metro, untuk memulai penjelajahan suatu kota saya juga membekali diri dengan peta turis dari kota tersebut. Bedanya dengan peta biasa, tempat-tempat wisata sudah ditandai di peta turis. Selain di Plaça de Catalunya, Pusat Informasi Turis Barcelona ada di beberapa lokasi lainnya.

La Rambla 
La Rambla sebenarnya adalah rangkaian jalanan yang secara keseluruhan panjangnya sekitar 1,2 km. Bagian tengah jalanan sengaja dibuat sebagai trotoar lebar dan sederetan pepohonan menghiasi pinggiran trotoar sehingga meski mobil lalu lalang di ruas kiri dan kanan, tidak mengganggu kenyamanan para pejalan kaki.

Saat cuaca cerah, di sepanjang La Rambla kita bisa menikmati berbagai atraksi jalanan seperti pantomim dan anak-anak muda yang bermain musik. 
Namun kita perlu tetap waspada karena bukan saja street performers yang tampil tetapi para pencopet juga sering beraksi di sini! Untungnya ketika saya menelusuri La Rambla, saya tidak mengalami kejadian apa-apa. 

La Rambla juga dipenuhi dengan toko-toko, cafe dan restoran, tetapi karena memang dianggap sebagai daerah turis, jangan heran jika harganya pun lebih mahal.

Ujung La Rambla bermuara di dermaga dan jika jalan beberapa menit lagi, maka kita sampai di pantai Barceloneta. Pas untuk berjemur sambil melepas lelah. 

Passeig de Gràcia  
Alternatif lain jika memulai sightseeing dari Plaça de Catalunya adalah memilih jalan yang berseberangan dengan La Rambla, yaitu Passeig de Gràcia. Kebalikan dari suasana santai La Rambla, jika kita menelusuri Passeig de Gràcia, kita akan melewati sederetan pertokoan dan butik mewah yang terdapat dalam gedung-gedung cantik. 
Di antaranya adalah beberapa bangunan hasil karya arsitek aliran modern Antoni Gaudí seperti Casa Milà yang dindingnya bergelombang dan terkenal dengan atapnya yang unik. 

Dan ada juga Casa Batlló yang permukaan bangunannya terbuat dari pecahan keramik cantik berwarna-warni dan jendela dengan teralis mirip tulang belulang.




Mengenai 2 bangunan ini, akan saya bahas di post selanjutnya...

Source pics:  http://www.barcelona-tourist-guide.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...