18 Januari 2012

Praha & Barcelona

Masih begitu banyak tempat yang belum saya kunjungi, maka sebisa mungkin saya tidak travelling ke tempat yang sama. Terutama jika tempat tersebut di luar negeri yang notabene butuh uang lebih.

Namun ada 2 tempat yang
ya....boleh lah keluar uang lagi untuk dikunjungi: Praha & Barcelona.


- Praha, Republik Ceko

Praha adalah ibu kota Republik Ceko. Kotanya masih kental dengan bangunan zaman du
lu yang cantik dan romantis. Kota ini masuk dalam perhitungan karena ada sisi sentimentilnya juga sih....kebetulan saya pernah tinggal beberapa tahun di sini dan ada kenangan tersendiri yang mengingatkan saya kepada Ayah saya.

Kalau ada yang berlibur ke kota ini, dan senang berjalan kaki, saya rekomendasikan untuk mengikuti rute yang biasa saya telusuri bersama teman-teman dulu (bisa memakan waktu seharian):

Dimulai dari kastil Praha, Pražský hrad. Kalau ingin menghemat dengan tidak masuk ke dalam bangunan kastil, taman kastil ini juga cukup menyenangkan untuk ditelusuri jika musim panas. Karena letak kastil ini di atas bukit, maka kita bisa melihat pemandangan kota Praha yang luar biasa.

Jika jalur diikuti menurun, maka kita akan sampai di jembatan terkenal: Charles Bridge. Di musim panas, jembatan ini akan dipenuhi dengan artis pelukis maupun pemain musik.

Sampai diujung jembatan, menyebrang lalu masuk lah ke dalam gang-gang berliku yang akan membawa kita ke daerah Old Town (Staroměstské náměstí). Daerah ini terdapat patung terkenal Jan Hus dan "Jam bego" (istilah teman-teman di Praha) atau yang lebih tepatnya, Astronomical Clock - jam tertua di dunia yang masih berfungsi. Sambil melepas lelah, bisa menunggu jam ini berdentang untuk melihat patung-patung jam yang berkeluaran satu per satu.

Dari Old Town, telusuri lagi gang-gang maka sampailah ke Wenceslas Square (Václvské náměstí)
yang di ujungnya terdapat Museum Nasional (Národní muzeum), bangunan yang dijadikan tempat shooting Mission Impossible.

Rute jalan kaki (kiri Kastil - kanan Museum)
Source pic peta: http://www.prague-tourism.eu

Source pic Kastil & Charles Bridge, Astronomical clock: http://blog.myczechrepublic.com


- Barcelona, Spanyol

Pada dasarnya saya memang suka dengan bangunan-bangunan unik. Dan hal itu terpuaskan di Barcelona. Kota ini dipenuhi bangunan-bangunan cantik dan u
nik, antara lain karena karya Gaudi bertebaran di penjuru kota. Selain itu, kota ini memiliki segalanya! Ada pantai, ada pegunungan, dan tentunya...tempat shopping merek-merek terkenal seperti Zara, Bershka, Mango karena memang adalah merek Spanyol.

Yang membuat lebih betah lagi, sistem transportasinya sangat bagus
(& bersih) sehingga memudahkan kita untuk mengunjungi berbagai tempat wisata. Cukup bermodalkan peta metro (kereta bawah tanah), kita bisa menelusuri seluruh kota Barcelona.


Post berikutnya saya bahas lebih panjang tentang Barcelona...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...