24 Maret 2012

Mencari cinta di Kyoto

Sepasang muda mudi sedang berdoa di depan kuil berwarna merah. Di sudut lain, seorang remaja putri sedang menuliskan harapan cintanya di sebuah papan kayu kecil yang biasa disebut “Ema”. Lain lagi di seberang, saya melihat sekolompok remaja sedang tertawa berfoto di depan sebongkah batu besar.


Begitulah suasana Jishu-jinja yang dikenal oleh warga sebagai kuil untuk memohon cinta dan pernikahan yang bahagia. Berbeda dengan kuil lainnya yang telah saya kunjungi selama berada di Kyoto, suasana kuil Jishu terasa hidup dan lebih cerah. Yang datang pun, lebih banyak anak-anak muda Jepang, selain turis tentunya.

Banyaknya turis yang datang ke kuil Jishu didukung oleh papan tanda berbahasa Inggris yang dipasang untuk menjelaskan benda-benda di dalam kuil. Maka, hati-hati kalau datang pas siang hari karena kuil Jishu yang tidak terlalu luas ini menjadi cukup penuh sesak!

Kuil ini terletak di dalam kompleks Kiyomizu-dera, agak di tengah kompleks dan perlu menanjak beberapa anak tangga untuk mencapainya. Namun, meski terkesan menyatu dengan Kiyomizudera (yang merupakan kuil agama Budha), kuil Jishu adalah kuil independen dan merupakan tempat beribadah pemeluk agama Shinto yang mengenal berbagai macam dewa.


 
Daya tarik utama turis datang ke kuil Jishu adalah untuk mencoba peruntungan di “batu cinta”, yaitu sepasang batu besar yang terpisah sekitar 10 meter. Sebuah papan di dekat batu tersebut menjelaskan bahwa jika seseorang berhasil berjalan dengan mata tertutup dari satu batu ke batu lainnya, maka ia akan mendapatkan cinta sejati. Ketika berjalan, boleh juga teman-temannya membantu mengarahkan, namun ini berarti untuk mendapatkan cinta sejatinya, akan diperlukan ”perantara”.

Bagaimana jika tidak berhasil di batu cinta? Tidak perlu khawatir, karena kuil ini juga menjual berbagai jimat. Ada jimat khusus untuk pernikahan bahagia, hubungan yang langgeng bahkan jimat sesuai dengan zodiak untuk membantu melancarkan nasib percintaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...