21 Maret 2012

Kuil di Kyoto

Selain Tokyo, salah satu kota yang biasa dikunjungi jika berlibur ke Jepang adalah Kyoto. Terutama jika Anda seperti saya yang suka melihat bangunan-bangunan tua/unik, maka Kyoto harus masuk dalam daftar perjalanan. Di Kyoto terdapat beribu kuil, namun dua kuil terpopuler adalah Kinkaku-ji & Kiyomizu-dera.

Kinkaku-ji
Alamat: 1 Kinkakuji-cho, Kita-ku

Kinkaku-ji artinya "The Golden Pavillion" dan setelah melihat bangunannya, mudah untuk kita mengerti mengapa diberi sebutan ini. Lantai 1 dan 2 dari kuil ini dilapisi oleh emas! Cantik sekali! 

Sayangnya, karena memang kuil ini sangat populer, maka turis pun banyak sekali. Tetapi untungnya, ada rute jalanan yang sudah ditetapkan ketika memasuki kompleks kuil ini, jadi meskipun turis banyak, tidak terlalu semrawut.

Untuk mencapai kuil ini dari stasiun Kyoto, bisa naik bis nomor 101 atau 205. Lama perjalanan sekitar setengah jam.




Kiyomizu-dera
Alamat: 1-chome, Kiyomizu, Higashiyama-ku

Untuk mencapai kuil Budha ini, kita akan melewati jalanan menanjak yang kiri-kanannya terdapat toko-toko suvenir. Jadi perjalanan untuk menuju kuil ini saja sudah menyenangkan meskipun sekali lagi, penuh dengan turis!

Kuil ini populer karena letaknya yang tinggi sehingga menawarkan pemandangan indah terutama jika melihat dari bangunan utamanya yang sedikit menjorok ke luar. Bangunan utamanya ini hebat juga karena dibangun tanpa menggunakan baut. 

Arti nama kuil ini adalah "Kuil Air Murni/Jernih" karena memang ada air terjun di dalam kompleks kuil. Jika Anda tidak tahu hal ini, mungkin akan luput dari perhatian karena letakanya di dasar kuil. Banyak sekali orang yang mengunjungi air terjun ini untuk meminum airnya yang telah dipecah menjadi 3 aliran. Konon, setiap aliran mewakili rejeki tertentu.


Untuk mencapai kuil ini dari stasiun Kyoto, bisa naik bis nomor 100 atau 206. Lama perjalanan sekitar 15 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...