14 Maret 2012

Alhambra di Granada


Jalan-jalan ke Spanyol, rasanya sayang tidak mengunjungi Alhambra. Padahal menurut saya, tempat ini sangat menakujubkan. Tidak heran, ia termasuk dalam finalis New 7 Wonders of the World.

Alhambra berada di kota Granada, sebuah kota yang terletak di bagian Selatan Spanyol. Ia adalah peninggalan bangsa Moor, bangsa beragama Islam yang menduduki kawasan ini selama sekitar 700 tahun.

Kompleks Alhambra dilihat dari halaman terbuka Mirador de San Nicolas

Alhambra sebenarnya adalah kompleks yang terdiri dari 3 bagian utama : 
1. ”Alcazaba” yang merupakan benteng dan bagian tertua dari Alhambra, 
2. ” Istana Nasrid” yang merupakan atraksi utama dari Alhambra, dan 
3. Taman istana musim panas ”Generalife”.   
Pada zamannya, kompleks ini didiami oleh ribuan orang yang melayani kebutuhan keluarga raja.


Untuk tiketnya sendiri, lebih baik dipesan jauh-jauh hari melalui internet (http://www.servicaixa.com) karena cepat habis. Terutama untuk tiket masuk istana Nasrid, jumlah pengunjung dibatasi dengan pengkloteran pengunjung setiap setengah jam. Hal ini dilakukan agar pengunjung dapat menikmati keindahan istana tanpa terdesak oleh keramaian. Apabila kita lewat dari setengah jam waktu yang tertera di tiket, kita sudah tidak boleh masuk. Namun, setelah di dalam istana, kita bebas mengelilinginya tanpa batas waktu.

Pilar berukir
Memang istana Nasrid yang paling membuat kita takjub. Istana ini terdiri dari 3 bagian utama yang dibangun secara bertahap pada masa kepemimpinan yang berbeda-beda: Mexuar, Comares dan Palace of the Lions.  

Mexuar merupakan bagian tertua yang terdiri dari ruangan-ruangan yang digunakan untuk menjalankan kegiatan administrasi dan pemerintahan; Comares terdiri dari ruangan-ruangan tempat kerja raja dan Palace of the Lions merupakan tempat kediaman keluarga raja.

El mirador de Lindaraja
Bagian yang paling memukau menurut saya adalah Palace of the Lions yang memiliki sebuah halaman terbuka yang dikelilingi oleh lebih dari 100 pilar, semua diukir dengan indah oleh tulisan-tulisan Arab. Kata-kata ”Allah” dapat kita lihat berulang dan berulang. Bagian ini dinamakan Palace of the Lions karena di tengah halaman terdapat air mancur dengan 12 patung singa. Konon, dahulu kala, air mancur ini juga berfungsi sebagai jam dengan masing-masing patung singa bergiliran mengeluarkan air dari mulutnya untuk menunjukkan waktu.

Di Palace of the Lions ini pula terdapat ruangan yang menurut saya paling menakjubkan yaitu Sala de los Abencerrajes dimana seluruh ruangannya terdiri dari ukiran-ukiran dari bawah sampai ke langit-langitnya yang berbentuk seperti bintang dan dipenuhi dengan desain rumit.

Bahkan jendela ruangan tidak lupa diukir dengan cantik seperti yang terlihat pada El mirador de Lindaraja. Berbeda dengan istana Eropa yang terkadang terkesan tertutup, istana Nasrid memiliki banyak jendela dan halaman terbuka yang memberikan penerangan dan ventilasi yang baik.  
Sala de Los Abencerrajes
Salah satu halaman terbuka
Kata-kata tidak dapat menggambarkan betapa cantik tempat ini. Sayang sekali jika tidak dikunjungi jika Anda berada di Spanyol!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...