27 Oktober 2012

Mengunjungi Bazar Istanbul

Melanjutkan post sebelumnya, masih di dekat-dekat daerah Sultanahmet, ada dua "pasar" yang biasa dikunjungi oleh turis kalau mau belanja-belanji: Grand Bazaar & Spice Bazaar.
Berbeda dengan pasar di Indonesia pada umumnya, kedua bazar ini berada dalam ruangan tertutup jadi gak perlu takut kepanasan atau kehujanan :)

6. Grand Bazaar
Dalam bahasa Turki: Kapali Carsi
Untuk menuju bazaar ini, bisa naik tram yang ke arah Zeytinburnu dari halte Sultanahmet dan turun 2 halte berikutnya yaitu di halte Çarşıkapı. 
Atau kita dapat berjalan kaki dari daerah Sultanahmet menyusuri jalan Divan yolu sambil jalan santai menikmati toko yang berada di kiri kanan jalan. Ini akan memakan waktu sekitar 20-30 menit. 

Di grand bazaar kita bisa belanja segala macam kebutuhan dari Suvenir berupa kaos, gantungan kunci sampai ke barang-barang yang lebih besar: lampu, karpet dll. Cukup lengkap, yang penting adalah kita harus berani nawar!! :)
Saking luasnya, bazar ini memiliki 22 gerbang/pintu jadi hati-hati nyasar....

Juga perlu diingat bahwa bazar ini tutup setiap hari Minggu.



7. Spice Bazaar
Dikenal juga dengan nama Egyptian Bazaar atau dalam bahasa Turki: Misir Carsisi.
Bazaar ini lebih kecil dan lebih banyak menjual makanan dan rempah-rempah, meskipun ada juga beberapa toko yang menjual suvenir. 


Untuk pergi ke bazar ini dari Sultanahmet, kita ambil tram yang ke arah Eminonu atau arah Kabatas (jadi berlawanan arah dibandingkan pergi ke Grand Bazaar) dan turun 3 halte berikutnya yaitu di halte Eminonu. Atau bisa juga dicapai dengan berjalan kaki, tetapi lebih jauh memang dibandingkan jalan ke Grand Bazaar.
Bazar ini sendiri berada di belakang mesjid Yeni Cami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...