12 Juni 2012

Wisata Turki


Ketika saya pertama kali merencanakan jalan-jalan ke Turki, yang terpikir hanyalah jalan-jalan ke Istanbul: Yah...cukup lah cuti 4-5 hari, budget sekian. Kota metropolitan ini memang paling populer dengan Hagia Sophia dan Blue mosque (mesjid biru).

Namun setelah mencari info di internet, ternyata banyak sekali tempat menarik di Turki di luar Istanbul. Karena Turki memang tempat beradanya budaya-budaya kuno dunia, banyak sekali tempat bersejarah di Turki (misalnya, Urfa: kota kelahiran nabi Ibrahim). Dan karena Turki luas, tempat-tempat ini tersebar di penjuru Turki yang membutuhkan waktu perjalanan cukup lama.


Budget pun saya kalkulasi ulang agar dapat mengunjungi beberapa tempat di luar Istanbul tersebut, dan akhirnya saya memperpanjang trip menjadi 10 hari. Itu pun saya harus menyeleksi dengan cermat daerah wisata yang akan saya kunjungi karena banyaknya pilihan!

Salah satu website andalan yang saya gunakan untuk merencanakan perjalanan saya adalah Turkey Travel Planner.

Adapun shortlist tempat wisata Turki (di luar Istabul) yang menurut saya paling menarik dan relatif mudah dijangkau antara lain :
1. Cappadocia: Daerah ini memiliki struktur dataran yang menakjubkan, seperti berada di planet lain! Bangunannya pun tak kalah unik karena terukir dalam pegunungan batuan maupun digali menjadi kota-kota bawah tanah yang bertingkat-tingkat.
 

2. Pamukkale: Terkenal karena kolam air panas alami yang sangat cantik.


3. Nemrut: Pegunungan ini menawarkan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan bersama patung-patung besar.

4. Ephesus: Kota zaman Yunani kuno yang megah.
 


Karena keterbatasan waktu dan dana, selain Istanbul saya memilih untuk hanya pergi ke Cappadocia & Ephesus. Post-post berikut akan saya ceritakan perjalanan liburan saya ke tempat-tempat ini....

Foto diambil dari http://www.touropia.com/tourist-attractions-in-turkey/ yang terdapat link ke masing-masing akun flickr

10 komentar:

  1. budget berapa ya?
    modal bahasa inggris aja bisa ga'?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sori nih jawaban klise: Budget susah dibilang karena tergantung seberapa "mewah" kita mau travelling... hehe... Kalau mau hemat, perjalanan antar kota naik bis saja. Tapi kalau mau nyaman naik pesawat. Yah...jadi semua tergantung rencana kita.

      Untuk bahasa, bisa dengan bahasa Inggris saja + bahasa tarzan tentunya hehe...

      Hapus
  2. airfare paling hemat apa ya..? dan berapa waktu itu kenanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu kena 9,4jt naik Malaysia Airlines (MAL) karena keputusan pergi agak mendadak, cuman sebulanan sebelum tanggal berangkat. Dan waktu itu sebenarnya ada yang sedikit lebih murah tetapi akhirnya saya pilih MAL karena lebih praktis (penerbangan langsung Jakarta - Istanbul, cuman transit 1 jam di Kuala Lumpur).

      Kalau airfare paling hemat tergantung promo sebenarnya. Cuman yang terkenal agak murah adalah Qatar Airways & Emirates Airline.

      Hapus
  3. Boleh kasih patokan budget total termasuk tiket yg kmarin tidak? Buat patokan aja. Hrga tiket 9,4 itu sudah termasuk surchrge y? Terimakasih banyak atas infony

    BalasHapus
  4. Harga tiket 9,4 sudah total. Budget total yang akhirnya saya keluarkan adalah 18 juta, tetapi 2 juta habis hanya untuk naik balon udara di Cappadocia (Mahallll tetapi sama sekali gak nyesel :). Naik balon udara di Cappadocia termasuk yang paling mengesankan bagi saya)

    Perkiraan kasar pengeluaran adalah sbb:
    - Tiket pesawat pp: 9,400,000
    - Visa on Arrival: 250,000
    - Hotel 8 malam: 2,000,000 (saya sharing kamar sama teman)
    - Tiket pesawat ke Cappadocia & Izmir: 1,500,000
    - Tiket balon udara di Cappadocia: 2,000,000
    - Tiket Museum/Tour: 1,000,000
    - Transport di dalam kota: 1,000,000
    - Makan: 1,500,000
    - Suvenir: 1,000,000

    Nah...dari budget ini sebenarnya banyak yang bisa dihemat.
    1. Pilih naik Bis ke kota di luar Istanbul
    2. Tidak perlu masuk semua museum
    3. Makan & Suvenir tentunya...
    4. Naik balon udara di Cappadocia

    BalasHapus
  5. mbak hotel apa ya yang dekat dengan istanbul
    berapa harga semalam utuk hotel, boleh ga minta kontak no hotel yg mbak nginap itu
    terima kasih. ini email saya : icha_harum@yahoo.com

    BalasHapus
  6. MBA.. Baku mau tanya2 nih.. Email aku yah d fatimah_lifia@ovi.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...